RSS

Author Archives: indrianadamayanti

Thank you Creativity and Innovation :)

Mata kuliah Creativity and Innovation (CI)

Mata kuliah paling fun selama saya di SBM!!!!

Pelajarannya fun!

Dosennya kreatif!

Tutornya okee banget!

Dosen tamunya keren-keren!

Eits, tapi jangan salah, fun bukan berarti gabut karena materi kuliahnya aplikatif dan setiap minggu ada tugasnya.

Apa aja yang dipelajarin di mata kuliah ini?

Hahaha tenang..tenang…belajar mata kuliah CI ga akan ngebuat kalian jadi begini. Beginilah yang sebenarnya

Menurut saya, inti dari kuliah ini adalah meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam diri kita

 ““Kreativitas yang membuat perbedaan dan Inovasi membuat perbedaan tersebut memiliki nilai komersil.”

Banyak games-games yang diberikan Pak Apiq untuk membuat kita berpikir lebih kreatif dengan bagaimana kita merubah  hal yang awalnya kita berpikir biasa saja dari satu sisi menjadi berpikir secara luas atau biasanya disebut out of the box.

Tidak hanya meningkatkan kreatifitas, mata kuliah ini juga membuat kita berpikir untuk mencari inovasi-inovasi  yang keren dengan tugas-tugasnya seperti pembuatan bisnis model suatu perusahaan. Dengan tugas itu saya menjadi berpikir kira-kira perusahaan apa yang biasa saja namun sebenarnya memiliki potensi yang bagus saat kita ubah bisnis modelnya.

Setiap orang pasti memiliki sifat kreatif akan tetapi kreativitas tidak bisa muncul begitu saja, dibutuhkan usaha yang tekun untuk melatih dan mengasahnya.

Apa sih tugasnya?


Tugas utama dari mata kuliah ini adalah nge-Blog.

Waaah awalnya saya panik karena saya belum pernah sama sekali satu kali pun dalam hidup menulis di blog!

Saya sebenarnya tidak terlalu suka menulis karena takut salah

Eh, tapi ternyata cara berpikir saya yang satu ini salah banget!


dengan menulis di blog ternyata bisa meningkatkan kreativitas karena tidak hanya merangkai kata-kata akan tetapi kita bisa menambahkan gambar untuk membuat orang lebih tertarik membaca blog kita.

Tidak ada yang salah dalam proses kreatif. Justru semakin gila ide kita biasanya itu lah yang terbaik.

Jadi tulislah apa yang ingin kita tulis, apa adanya saja karena seperti apa yang pernah dikatakan oleh Adi Panuntun bahwa tidak ada yang salah dalam berkreasi.

Tulislah semuanya sesuka hati, justru saat tanpa beban apa yang kita tulis tiba-tiba akan mengalir ide-ide yang luar biasa.

and Now…..

Apa sih yang didapat setelah mengikuti mata kuliah ini?

Yaaaaaaaa….kira-kira begitulah keadaan otak saya sekarang

Banyak pelangi yang berwarna-warni mewarnai otak saya sekarang, pelangi-pelangi itu adalah ide-ide kreatif setelah belajar mata kuliah “Creativity and Innovation”

Yang awalnya saya ini sangat tidak kreatif sekarang muncul lah sedikit demi sedikit pikiran-pikiran kreatif

Kesimpulan saya dari mengikuti kuliah ini adalah:

“Jangan mengkotak-kotakan pikiran kita, coba dobraklah kotak itu untuk melihat apa yang ada di luarnya.”

dan

“jangan mau menjadi orang biasa selama kita bisa menjadi orang yang luar biasa”

Thank you Pak Apiq, Kak Bayu, Kak Adi Panuntun, Pak Budi Raharjo

Semoga Allah membalas semua kebaikan Pak Apiq, Kak Bayu, Kak Adi Panuntun, Pak Budi Raharjo karena sudah memperkenalkan saya pada dunia kreatif 🙂

Salam kreatif!

Advertisements
 

Sehat itu enak! with Cimory ;)

Selamat datang kembali di blog saya 🙂

Untuk tulisan kali ini saya akan membahas tentang sebuah perusahaan lokal Indonesia yang sebenarnya sudah layak untuk go Internasional,kenapa?

Ok, langsung kita bahas aja

Apa sih perusahaan yang dimaksud?

Bagi yang belum tau perusahaan apa ini,berikut produknya :

Yak,ini dia produk – produk dari perusahaan cimory!

Cimory adalah satu-satunya industri pengolahan susu di Indonesia yang memproduksi hampir semua jenis dairy products. Cimory memproduksi beraneka ragam dairy products seperti

  • Pasteurized Fresh Milk
  • Yoghurt Drink
  • Stirred Yoghurt
  • Set Yoghurt
  • Natural Cheese (Cheddar, Mozzarella)
  • Processed Cheese
  • Fresh Cream dan Butter.

Tujuan pendirian pabrik ini karena ingin membantu warga sekitar Cisarua dengan mendirikan pabrik pengolahan susu segar yang menyerap susu dari peternakan sapi disana.Tidak hanya itu saja, hebatnya perusahan Cimory menyerap susu lokal dan menerapkan ‘fair pricing policy’ terhadap para peternaknya. Saat ini Cimory dikenal luas sebagai Perusahaan yang membayar susu peternak lokal dengan harga TERTINGGI di Indonesia.

Bingung ga sih kalian kenapa saya bilang kalau perusahaan ini pantas go internasional?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kebutuhan gizi diseluruh dunia mulai menurun, banyak orang-orang yang kekurangan gizi padahal ari angka kecukupan gizi (AKG) protein yang dibutuhkan per kapita per hari sebanyak 4,9 gram, yang mampu terpenuhi dari susu baru sebanyak 0,64 gram.

“Jadi intinya, susu itu banyak memberikan manfaat loh bagi tubuh!”

Q : Tapi kenapa masih banyak yang kekurangan gizi?

A : karena banyak orang yang tidak menyukai susu?

Wooooow kata-kata itu jelas ga berlaku untuk cimory sesuai dengan semboyannya ”Sehat itu Enak” sebagai acuan untuk mematahkan asumsi masyarakat bahwa sehat itu belum tentu enak dan yang enak biasanya tidak sehat.

Cimory ingin membuktikan kepada masyarakat bahwa produk-produk Cimory mampu hadir dengan nilai nutrisi tinggi yang menyehatkan namun tetap nikmat dikonsumsi!!

Dam menurut para penikmat susu dan yoghurt, Cimory memiliki rasa yang sangat enak dan segar! Masih terasa buahnya. Bahkan salah satu produknya yoghurt benar-benar kental dan enak, pokoknya mantap.

Nah jadi tau kan alasannya kenapa cimory pantas go internasional?

1. Perusahaannya oke

2.  Rasanya? ga usah ditanya deh MANTAP luar biasaaa 🙂

3. Produknya juga memberikan gizi yang banyak untuk seluruh masyarakat dunia

Apa sih inovasi yang harus dikembangkan sebelum go internasional?
Sudah pasti saat go internasional Cimory harus bekerja sama dengan peternak di luar negeri karena Cimory selalu menyajikan susu yang sehat dan segar.
Kebanyakan orang di dunia ini menyukai 3 kata :
For fun

Memberikan educational tour ke peternakan sapi disetiap negara, dengan begini akan mengundang orangtau untuk mengedukasi anak-anaknya dalam mengenal alam. Orang-orang di luar negeri pasti akan tertarik karena dapat mengenal langsung ke pabrik pengolahannya apalagi targetnya adalah anak-anak sekolah seperti kindergarten (TK)

For free
Dengan memberikan diskon apabila melakukan pembelian tertentu. Ini akan menarik para pembeli untuk belanja lebih banyak lagi produk Cimory. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap orang menyukai kata-kata FREE! Jadi dengan produk kualitas tinggi dan menambahkan program diskon, tidak diragukan lagi seluruh orang di dunia akan tertarik pada Cimory.
For easy

Tingginya tingkat kesibukan orang-orang di dunia akan pekerjaannnya atau kesibukan belajarnya Cimory dapat menawarkan program delivery yang langsung mengantarkan produknya depan pagar rumah kantor ataupun depan muka sang pembeli langsung!

Berikut Business Model yang harus dikembangkan saat go international!

Value Propositions

Cimory Dairy Products menawarkan solusi terbaik bagi yang ingin kesehatanya terjaga dan lidahnya dimanja. Sesuai dengan taglinenya bahwa “SEHAT ITU ENAK!” Cimory ingin semua orang kesehatannya selalu terjaga dengan minum susu yang penuh dengan gizi dan memiliki rasa yang enak untuk memanjakan lidahnya.

Customer Relationships

Sesuai dengan program yang ditwarkan Cimory saat ingin go international, Cimory ingin membangun hubungan dengan customer lewat keunikannya yaitu menawarkan :
  • Discount
  • Delivery Service
  • Cimory Educational Tour
Dan tentu saja tidak lupa Cimory memberikan website agar customer dapat mengenal lebih jauh produk-produk yang ditwarkan Cimory. Website ini dibuat lebih fun agar orang yang melihatnya senang dan ingat kepada alam

Channels

Dalam mendistribusikan produknya ke luar negeri, Cimory harus memiliki tempat-tempat yang sesuai dalam penjualannya.

Tempat-tempat yang dapat menjadi tujuan utama adalah Supermarket, Minimarket dan Department store. Yang tidak ketinggalan adalah website, sesuai dengan perkembangan jaman Cimory harus mampu menjual barangnya juga lewat website terutama dalam pelayan delivery.

Channel lain yang harus dimiliki Cimory adalah channel dengan para peternak sapi disana. Perlu diingat bahwa seluruh susu hasil produksi Cimory merupakan susu yang segar dan sehat karena itu sangat sulit untuk memproduksi di Indonesia. Cimory harus memiliki channels dengan peternak sapi dalam membentuk bisnis susu di luar negeri.

Customer Segments

Karena ingin go international sudah tentu segmen pelanggan Cimory akan meluas. Tidak hanya masyarakat Indonesia akan tetapi seluruh masyarakat di dunia yang ingin hidup sehat!

Tidak hanya orang yang ingin sehat bahkan salah satu produk Cimory, Yoghurt ternyata justru cocok diminum untuk orang yang sedang berdiet karena dapat menghilangkan lemak di perut. Terutama wanita-wanita yang ingin langsing.

Key Partners

Partners utama yang harus dimiliki Cimory untuk go international adalah peternak sapi (Cattle Breeding) karena peternak- peternak sapi lah yang menjadi bagian dari produksi Cimory. Setelah itu yang akan berperan dalam kemajuan Cimory adalah dengan berpartner dengan pihak televisi sebagai bagian dari promosi, pemerintah untuk perizinan dan sudah tentu customers yang ingin menikmati kelezatan Cimory 🙂

Key Activities

• Menyediakan susu sehat dengan gizi yang tinggi

Dengan menyediakan susu yang sehat dan kaya akan gizi Cimory akan dikenal sebagai produk susu unggulan ini dapat menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk mengkonsumsi terutama Cimory yang memiliki rasa enak dan segar!

•Membuat Cimory restaurant

Ini nih yang bisa jadi daya tarik masyarakat mancanegara dalam mengenal Cimory. Pembuatan restaurant dapat menjadi sebuah perkenalan produk Cimory lewat cara yang lebih unik yaitu menyediakan masakan yang serba susu sehingga masyarakat secara tidak langsung menikmati produk Cimory. Kelebihan lainnya adalah dengan menyediakan suasana alam dan seperti berada di peternakan sapi sungguhan.

•Menyediakan jasa delivey

Dengan kesibukan orang-orang saat ini yang menginginkan kemudahan dalam segala untuk itu Cimory menawarkan delivery service agar susu siap langsung diantar didepan pagar rumah atau langsung di hadapan pembeli.

•Mendistribusikan Cimory ke luar negeri

Proses distribusi Cimory ke luar negeri adalah pengiriman raw material lain selain susu karena susu segar langsung didapatkan di negara masing-masing. Pendistribusian ini harus dilaksanakan dengan baik agar tidak membuang cost.

Key Resources

Resource yang mengambil andil penting dalam kesuksesan Cimory adalah para peternak sapi yang menjual susu ke Cimory.Selama ini, Cimory menyerap susu lokal dan menerapkan ‘fair pricing policy’ terhadap para peternaknya. Saat ini Cimory dikenal luas sebagai Perusahaan yang membayar susu peternak lokal dengan harga tertinggi di Indonesia.

Selain para peternak pihak yang mengambil peranan adalah seluruh pegawai Cimory di seluruh penjuru dunia yang memberikan kontribusi besar dalam kesuksesan Cimory.

Cost Structure

Untuk mengembangkan bisnisnya di kancah mancanegara banyak pengeluaran yang harus ditanggung oleh pihak Cimory, seperti :

• Salary

• Promotion

• Production

• Distribution

Yang akan banyak dikeluarkan adalah proses produksi karena Cimory harus memiliki peternakan dan pabrik sendiri di setiap negara untuk menjaga kesegaran susu yang di buat. Pengeluaran lainnya akan sama dengan biasanya.

Revenue Streams

Revenue Cimory akan meningkat karena tidak hanya dari Indonesia tapi juga dari luar Indonesia itu berarti Cimory akan mendapatkan keuntungan yang besar saat melebarkan sayapnya ke mancanegara.

Revenue ini tidak hanya untuk Cimory tapi untuk para peternak sapi. Cimory selalu berusaha untuk mensejahterakan para peternak sapi yang berkerja untuk perusahaan Cimory.

Conclusion

So, apa yang cimory tunggu lagi?

Dengan produknya yang kaya akan nilai gizi, rasanya yang enak, visinya yang ingin meningkatkan kesejahteraan makanan lewat susu, dan keunggulannya dengan memberikan fair price untuk para peternak Cimory sudah siap melaju ke kancah international

Untuk go international yang Cimory perlukan adalah konsisten!

Karena kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan bersama adalah konsisten akan janjinya, konsisten akan visi dan misinya dan konsisten akan perkataannya

Semoga Cimory akan menjadi produk unggulan Indonesia di mancanegara di masa mendatang. Aminn 🙂


 

Tidak ada yang salah dalam menulis :)

Dulu saya anak yang paling anti menulis, karena selain tulisan saya yang jelek saya juga orangnya ga pandai bicara.

Tapi justru saat mengetahui ada mata kuliah Creativity and Innovation yang kata temen-temen saya kalau pelajarannya itu menulis di blog saya jadi merasa tertantang untuk  mendobrak kata hati saya yang bilang kalau menulis itu sulit.

Dan saat hari pertama tugas CI diberikan, ternyata benar saja kata hati saya…untuk memulai menulis saja saya sampai harus menghapus tulisan berpuluh-puluh kali. Bagi saya itu sangat sangat sangat teramat sulit dari mengerjakan PR finance (lebay :p). Tapi karena takut tugas CI ga selesai-selesai jadi saya mulai memberanikan diri untuk mempublish postingan pertama. Tapi sebelum di posting pun saya harus melewati waktu yang lama karena saya harus cek kata-kata takut salah ketik, cek gambar takut ga cocok. Bener-bener perjuangan banget deh tulis postingan pertama itu.

Untuk postingan kedua ternyata memulainya tidak sesulit postingan pertama karena saya sudah mulai memahami apa yang harus saya tulis, saya mencari sumber-sumber dari internet lalu saya menyaringnya untuk membuat tulsian yang lebih baik lagi. Jadi sebenarnya kesulitan utama yang saya temi dalam menulis di internet adalah karena saya terpaku untuk membuat tulisan yang bagus, yang menarik dan menginspirasi orang lain padahal saya masih pemula.

Mungkin saat pembaca membaca postingan saya sebelum-sebelumnya akan banyak sekali menemui gambar-gambar maupun video. Mengapa saya banyak memakai gambar?

Dalam anggapan saya saat orang ingin membaca blog maka orang tersebut tidak hanya ingin melhat sederetan tulisan yang panjang namun ingin juga memanjakan mata dengan gambar-gambar yang lucu maupun video. Itulah salah satu alasan saya menggunakan gambar. Selain itu juga dengan gambar mempermudah saya menjelaskan sesuatu tanpa harus menggunakan kata-kata yang panjang.

Jadi berdasarkan hasil kesimpulan saya tentang menulis di internet adalah :

  • Jangan pernah takut menulis karena menulis itu ga berbahaya dan ga ada larangan untuk menulis
  • Jangan takut tulisannya dibilang jelek, karena segala hal yang bagus itu diawali dari yang jelek dulu. Yang terpenting itu seberapa rajin kita menulis, membaca tulisan orang lain dan mengevaluasi tulisan kita sendiri.
  • Tulisan yang bagus itu yang penting adalah sederhana dan mudah dimengerti. Kalau menarik sih itu semua tergantung persepsi orang namun saat diri kita merasa tulisan ini bagus!pasti bagus!yakin bagus! Yakinlah orang lain juga pasti suka.

Jadi tulislah apa yang ingin kita tulis, apa adanya saja karena seperti apa yang pernah dikatakan oleh Adi Panuntun bahwa tidak ada yang salah dalam berkreasi. Tulislah semuanya sesuka hati, justru saat tanpa beban apa yang kita tulis tiba-tiba akan mengalir ide-ide yang luar biasa.

Terimakasih untuk Pak Apiq dan Ka Bayu yang telah memperkenalkan saya pada dunia Blog

 

Healthy Inside, Fresh Outside ;)

Business Model. Sebuah kata-kata yang mudah diartikan namun sulit dipahami.

Tapi ternyata dengan bisnis model ini setiap usaha mampu berkembang dengan baik karena sudah mengetahui dengan jelas bisnis yang dijalaninya.

Pada post saya kali ini akan mencoba membahas tentang bisnis model sebuah social networking, seperti :

Tapi yang saya bahas bukan sembarang social networking yang hanya menyediakan fitur upload foto, kirim status, dll. Social networking ini istimewa karena mampu memberi manfaat lebih kepada anggotanya. Apakah itu?

Penasaran kan gimana bisnis model yang digunakan Sixreps.com ini? Mari kita bahas satu-persatu:

Yang ditawarkan  Sixreps.com (Offer)

Value Proposition

Sixreps merupakan jejaring sosial yang dikhususkan bagi para fitness mania serta penggemar olahraga. Kombinasi antara jejaring pertemanan dengan pangsa pasar pengguna yang gemar melakukan kegiatan fitness. Layanan yang diberikan sixreps sama seperti layanan jejaring social lainnya namun yang istimewa disini adalah, sixreps menyediakan fitur-fitur tambahan untuk penggunannya seperti fitur workout dan event-event yang berhubungan dengan fitness. Sixreps menggabungkan media sosial dengan fitness tools yang memiliki fasilitas expert system.

Infrastructure yang diterapkan Sixreps.com (Infrastructure)

Partner Network

Dalam perkembangannya SixReps sudah mampu menggaet banyak partner, seperti :

  • Pemilik Gym
  • Dokter
  • Nutrisionist
  • Social Media Community

 Pemiliki Gym sebagai bagian dari promosi. Tidak lupa, dokter juga memiliki peranan penting sebagai partner dalam menyelesaikan masalah yang member ajukan. Nutrisionist dapat menjadi pakar kesehatan yang mengatur gaya hidup sehat mulai dari olahraga dan asupan makanan yang baik untuk tubuh. Yang terakhir adalah Social Media Community, sebagai partner untuk promosi.

Activity Configuration

Management team

Management team

Partnership teams

Partnership team

Information and Technology Team

Information and Technology Team

Core Capabilities

  • Saat ini terhitung sudah beberapa para pemilik gym di Jakarta telah menjadi kliennya untuk berpromosi di webnya.
  • Untuk menambah jumlah member, Sixreps sudah siap melebarkan sayapnya keluar negeri bersama Social Media Community.
  • Seluruh fitur memiliki jaminan keakuratan yang pasti karena langsung ditangani oleh ahlinya.

Dilihat dari sisi Member Sixreps (Customer)

Customer Relationships

Menyediakan fasilitas event untuk mendapatkan berita dan kabar terbaru dari event, tentunya yang berhubungan dengan fitness seperti nge-Gym bersama. Dari acara event inilah maka para member akan berkumpul.

Menyediakan fitur following dan follower, apabila memiliki follower banyak maka secara otomatis dia akan sering muncul di pages dan setiap perkataannya akan didengarkan oleh member yang lain. Ini  memacu para member untuk terus berinteraksi satu sama lain.

Menyediakan voucher potongan harga dan nge-Gym bersama founder SixReps apabila memenangkan kuis di SixReps

Distribution Channels


Untuk saat ini masih area lokal hanya di Indonesia namun SixReps memiliki tujuan untuk Go Internasional! Jadi seluruh pengguna internet di dunia bisa menjadi member SixReps

Customer Segments

Seluruh masyarakat di dunia yang menyukai dunia fitness mania, penggemar olahraga dan orang-orang yang ingin memiliki gaya hidup sehat

Mau tau bagaimana keuangan SixReps? (Finance)

Cost Structure

Salary

Salary

Pomotion Cost

Pomotion Cost

Maintenance cost

Maintenance cost

Revenue Stream

Selain dari strategi iklan Pay Per Click , fasilitas data center lokasi fitness juga mungkin bisa menjadi sumber pemasukan, minimal tempat fitness bisa menjalankan program promosi atau penawaran (iklan) pada pengguna Sixreps, baik pengguna secara keseluruhan atau justru melakukan promosi khusus bagi pengguna Sixreps yang telah menjadi anggota di tempat gym tertentu, mirip dengan fasilitas promo (minus fitur check-in) yang dilakukan pemilik resto di layanan Foursquare.


 

Dream are free, so free your dreams

“If you ever dream it, you can achieve it”. – William Arthur Ward

Jika Anda pernah bermimpi, Anda pasti dapat meraihnya. Quotes tersebut menjadi sebuah pemikiran positif yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang karena saat ini mimpi masih gratis dan semua orang berhak memiliki impian.

Ya, kita semua berhak bermimpi loh! Walaupun saat ini seringkali banyak orang yang melarang kita untuk bermimpi karena mereka menganggap bahwa untuk apa hidup di dunia mimpi kalau semua itu tidak real.

Thomas Alfa Edison, penemu lampu, pada mulanya dianggap bodoh oleh gurunya, sehingga dia dikeluarkan dari sekolahnya. Ibunya memutuskan untuk mengajari sendiri anaknya, karena tak ada sekolah yang mau menerimanya. Namun ternyata dibalik itu,Thomas Alfa Edison memiliki impian untuk menerangi dunia. Apakah impiannya terwujud?

Kita bisa lihat indahnya perkotaan di malam hari, itu semua merupakan  hasil kerja kerasa Thomas Alfa Edison yang berbuah manis, hari-hari kita diterangi oleh lampu hasil penemuannya.

Jika kita lihat impian mereka, pada masa itu terasa sangat mustahil, tetapi setelah mengalami BANYAK sekali kegagalan, akhirnya kita bisa melihat hasilnya bahkan sampai sekarang.

Bagaimana agar sukses seperti itu?

Hal yang pertama harus kita miliki adalah MIMPI karena dari sanalah kita akan termotivasi untuk mencapainya. Setelah kita berani bermimpi maka kita juga harus berani mengambil langkah untuk segera mewujudkannya. Impian menjadi tidak berharga sampai kita mengambil langkah untuk mewujudkannya. Kita harus berlari mengejar indahnya mimpi!

Jangan sampai ada yang menahan kita untuk membuat mimpi yang besar, kita harus mendobrak pintu kemustahilan dengan mimpi kita dan buktikan pada dunia bahwa  “Nothing is Impossible”

Berikut saya tampilkan video yang akan membuat sebagian orang berkata “It’s Impossible” tapi sebagian orang lainnya akan berkata “It’s amazing and i’ll make it possible”. Kenapa?ayo kita lihat dahulu!

Video ini bercerita tentang teknologi yang dapat menyatukan semua orang dari segala penjuru tanpa harus bertemu secara langsung.

Terasa sekali indahnya teknologi itu karena manfaatnya dapat dirasakan semua orang di dunia. Walaupun berbeda negara, kebangsaan, dan budaya semua dapat disatukan oleh teknologi yang akan diciptakan docomo ini.

Apakah teknologi ini sudah ada?

Belum!Teknologi ini merupakan impian docomo dimasa mendatang.

Lihatlah, betapa tingginya mimpi docomo sama seperti tingginya mimpi Thomas Alfa Edison

“Dreams are like stars..you may touch them, but if you follow them they will lead you to your destiny”

Mimpi adalah lukisan imajinasi yang sengaja atau tidak sengaja diukir oleh pikiran. Berkembang mengikuti perkembangan pikiran setiap manusia. Hampir semua mimpi akan kesuksesan adalah sama, yaitu menjadi berhasil. Baik berhasil dari segi ekonomi atau pun nama dan derajat dihadapan Tuhan maupun orang.

mengejar impian itu memang tidak gampang banyak sekali hal hal yg dapat menjatuhkan impian itu. hal kecil yg dapat kita lakukan adalah tetap menjaga impian itu….

So bermimpilah sebesar keinginanmu karena mimpi itu yang membuat kita termotivasi untuk terus meraihnya.

Mimpi itu gratis, jadi bebaskan pikiran kita untuk bermimpi!

Persiapkan mental untuk mencapai impian tersebut, jangan jadikan sukses sekedar impian namun jadikanlah kenyataan.

Tidak seorangpun bisa merubah diri anda menjadi sukses kecuali diri sendiri

Open thinking membuat setiap orang berhak memiliki mimpi karena melalui itu kita dapat bebas bermimpi.

Setiap orang mempunyai garis tersendiri, tinggal bagaimana kita mempertebal garis itu menjadi garis kesuksesan.

sebuah filsafat pernah mengatakan

” Bahaya yang besar tidak terjadi karena kita memimpikan cita-cita yang tinggi, tetapi bahaya yang besar akan terjadi ketika kita memilih cita-cita yang kecil“.

Mari kita bermimpi dan membuat perubahan pada dunia kearah yang lebih baik 🙂

 

Let’s Think Design!

ini video yang wajib di liat sebelum baca post saya kali ini!

Luar biasa bukan video mapping ini?Bahkan waktu pertama kali saya melihatnya tahun lalu di TV, saya langsung berdecak kagum walaupun tidak hadir langsung disana.

Jadi, video yang tadi kita saksikan itu merupakan salah satu project yang dibuat oleh Adi Panuntun, CEO PT. Sembilan Matahari.  Adi Panuntun merupakan salah seorang “design thinker” yang ada di Indonesia.

Design thinker? Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui apa itu design thinker

Find creative solution in art perspective

Design thinker merupakan orang yang mencari solusi kreatif dari perspektif seni. Kenapa harus dari perspektif seni?

Itulah hal yang membuat seorang engineer dan designer berbeda

Engineer merupakan orang yang bekerja menjawab fungsi dan mengaplikasikan pemikiran designer

– Sedangkan Designer merupakan orang yang menjawab people interest dengan membubuhi perspektif seni didalamnya

Memang design thinking belum terlalu dikenal saat ini, namun pendekatan ini akan mempengaruhi cara kita mengambil keputusan bisnis di masa yang akan datang karena keadaan pasar yang semakin competitive akan menuntut setiap orang untuk selalu mengembangkan inovasi dan berpikir secara out of the box.

Jadi jangan takut untuk selalu berinovasi dengan ide-ide yang baru karena TIDAK ADA IDE YANG SALAH!

kenapa saya menekankan kata-kata itu?karena ini merupakan kata-kata yang paling menarik untuk saya dalam materi design thinking. Tidak ada yang bisa menilai apakah ide kita itu salah atau benar,bagus atau jelek, sehingga kita dapat mengeksplorasi diri kita untuk mengembangkan ide segila mungkin. Eits,tapi jangan lupa walaupun telah diberi kebebasan ada ketentuan yang membuat ide kita itu memiliki keunggulan dan nilai guna yang lebih.

Ini dia ketentuannya:

Setelah mengetahui ketentuannya, kita akan mulai masuk ke prosesnya. Berikut Proses dari Design Thinking :

Thinking Process

Observe

Riset secara langsung untuk memahami keinginan user agar kita menemukan insight

Synthesize

Mencari “unstated needs” untuk kemudian membuat penyelesaian yang actionable

Brainstorm

Mengeluarkan semua ide yang mengarah pada solusi

Vote

Mencari ide terbaik dengan menggunakan ketentuan Desirable, Viable dan Feasibility yang telah saya sebutkan sebelumnya diatas

Prototype

Membuat dummy product untuk ditest dan kemudian dievaluasi

Story Tell

Mengenalkan produk lewat cerita dibalik nama maupun pembuatan agar masyarakat tertarik

Contoh Design Thinking dengan menggabungkan apel dan board marker :

Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa aroma yang ditimbulkan board marker itu berbahay bagi kesehatan karena mengandung bahan kimia beracun yang disebut xylene, dampak jangka pendek dari mencium aroma ini biasnya hanya pusing dan sedikit mual namun untuk jangka panjang efeknya sangat berbahaya karena menimbulkan kerusakan otak permanen dan kerusakan hati, ginjal dan sistem saraf pusat.

Menanggapi masalah demikian, maka saya menawarkan inovasi board marker yang aromanya disamarkan dengan aroma buah apel. Mengapa aroma buah apel?

karena aroma buah apel ternyata memiliki banyak manfaat. Sebuah studi dari Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago menemukan, saat partisipan yang sedang terserang migrain menghirup pipa berisi aroma apel, rasa sakit mengalami lebih banyak perbaikan dibandingkan saat menghirup pipa tanpa aroma. Ini disebabkan oleh aroma apel hijau yang bekerja mengurangi kontraksi otot di kepala dan leher, sehingga mengurangi sakit kepala. Studi-studi sebelumnya menemukan bahwa aroma apel hijau membantu mengurangi kecemasan. Selain itu ternyata ada fakta menarik, aroma apel dapat mengurangi nafsu makan. 🙂

Jadi saat dosen mengajar di depan, mahasiswa dapat belajar lebih tenang karena selain sehat, mahasiswa pun dapat merasakan ketenangan dalam menghirup aroma apel yang wangi.

Bagaimana strategy untuk memasuki bisnis agar setelah thinking process berakhir produk yang kita tawarkan dapat diterima masyarakat?

Disini saya akan menjelaskan tentang bagaimana kedua strategy yang berbeda yaitu,Traditional business strategy class dan innovation&design class menjawab tantangan pasar 10 tahun mendatang

Traditional business strategy  : Strategy yang masih mengandalkan research secara data quantitative dengan menggunakan planning dan logic&numeric model.

Termasuk menghasilkan volume data untuk menganalisis segmenpelanggan, pangsa pasar relatif dan ancaman kompetitif.

Pada saat yang sama, mereka terus melihat teknologi, proses dan orang-orang hanya sebagai sarana untuk menjalankan rencana bisnis mereka. Karena market akan selalu berkembang lebih competitive karena itu yang harus dilakukan traditional business strategy adalah membuka diri dengan terus mengatasi kelemahan dan melakukan pendekatan fundamental berbeda dengan meningkatkan planning dan tidak lupa untuk membuka diri kepada inovasi.

Innovation&design strategy    : Menggunakan metode experience dan langsung melihat kepada reality as social constructed. Apabila yang pertama belum baik maka akan terus diperbaiki sehingga menemukan yang terbaik. Jadi staretegi ini mengutamakan action terlebih dahulu baru masuk ke planning.

Untuk menjawab tantangan market dimasa mendatang yang perlu dilakukan oleh strategy ini adalah terus mengembangkan inovasi dan design karena dapat dipastikan bahwa dimasa yang akan datang yang dibutuhkan oleh bisnis adalah inovasi-inovsi yang luar biasa, yang “gila” dan yang selalu membuat orang tercengan

Apapun tantangan bisnis dimasa mendatang

we  must believes that any problem can only be resolved with fun solutions” – Adi Panuntun

Thank you Ka Adi Panuntun for your lecture 🙂

 

Amazon.com is one of the innovative company!

BELANJA

Memang terkadang kata-kata itu berkonotasi negatif walaupun sebenarnya itu punya makna positif karena mampu memenuhi kebutuhan kita

Berikut beberapa anggapan mengapa orang sering menganggap belanja itu berkonotasi negatif :

Berbelanja hanya menghabiskan uang

Berbelanja hanya menghabiskan uang

Berbelanja itu merepotkan

Berbelanja itu merepotkan

Berbelanja hanya menghabiskan waktu

Berbelanja hanya menghabiskan waktu

Segera buang jauh-jauh pikiran Anda tentang semua itu!Jaman semakin canggih jauhkan semua pikiran negatif

Well, intinya adalah SEKARANG UDAH GA JAMAN BELANJA BIASA udah pernah berbelanja atau membeli suatu produk secara online di Internet?.

Ini bener-bener wajib dicoba loh!kenapa?

Karena dengan berbelanja secara online dapat memudahkan kita dalam membeli sesuatu barang sehingga tidak harus pergi ke pasar, toko ataupun mall untuk membeli barang yang kita inginkan.

Mari saya perkenalkan tempat belanja yang paling asik dikunjungi

Adalah Jeff Bedoz Seorang pria Mexico yang telah berhasil mendirikan Amazon.com, website yang semula hanya menjual buku secara online namun kemudian menjual beberapa barang lainnya. Cukup melakukan pembayaran dan mereka akan mengirimkan produk yang anda beli right to your front door..!

INOVASI DALAM TEKNOLOGI

Sebelum diluncurkannya Amazon.com, Jeff Bedoz sudah mencium potensi yang luar biasa dari kedahsyatan pemasaran lewat internet padahal ini terjadi saat internet baru saja muncul. Kemudian Bezos memutuskan bahwa perusahaan yang berbasis di Internet akan mempunyai kemampuan untuk menawarkan seleksi barang cetakan yang lebih luas kepada konsumen. Karena itulah mealui teknologi Web service yang mempermudah sistem B2B (Business to Business) digunakan oleh Jeff Bedoz untuk melancarkan usahanya di Amazon.com

Pasti Anda bertanya-tanya. Apa sih sebenarnya Web Service itu?

Berikut saya contohkan kinerja web service dan salah satu rekan bisnisnya Armadyah Books

Jadi, Web services adalah teknologi yang merupakan platform independent application. Web services mempertukarkan data antara service requestor ( aplikasi yang menggunakan data ) dan service provider ( server penyedia data ) menggunakan service registry dalam salah satu teknologi antara lain XML-RPC dan SOAP. Web Services ini cocok untuk transaksi dengan partner atau relasi bisnis ( Business to Business (B2B) ).

INOVASI DALAM PROSES

Sebagai perusahaan pertama yang menjual barang di dunia maya, Amazon.com mulai meningkatkan kembali inovasinya dalam proses menuju visinya untuk menjadi perusahaan yang dapat melakukan penjualan lewat web sederas air sungai Amazon dengan terus mencari produk-produk lain yang dapat dijual secara online dan terbukti pelanggan Amazon.com bertambah dari tahun ke tahun. Pelanggan Amazon.com sebanyak 1,5 juta pelanggan di tahun 1997, menjadi 14 juta di tahun 1999 dan 25 juta tahun 2001.

Mengapa bisa secepat itu pelanggan amazon.com berkembang?

Inilah jawabannya :

Melalui Inovasi dalam proses bisnisnya Amazon mengembangkan bisnisnya dengan membuat ada 2 macam penjual di Amazon : Perusahaan Amazon itu sendiri dan perusahaan atau perorangan yang ikut menjual barang di Amazon

Untuk perusahaan atau perseorangan yang ingin ikut menjual barang di Amzon sangat mudah!

  • Copy kode-kode khusus yang diberikan  Amazon
  • Kode tersebut akan tersambung ke sistem afiliasi amazon
  • Kode itu akan menentukkan komisi setiap transaksi yang dihasilkan dari kode-kode ini

Nyaris tanpa modal apa-apa dan tentunya dengan resiko yang juga minim bila tidak berhasil (Anda tidak akan kehilangan banyak uang karena Anda sendiri tidak memasukkan terlalu banyak uang).

INOVASI DALAM PRODUK

1)       Amazon BookSurge – Buku Bisnis

2)       Amazon EBS – Penyimpanan database atau file

3)      Amazon EC2 –  layanan server virtual

4)      Amazon Elastic Map Reduce – layanan web untuk data dalam jumlah besar.

5)      Amazon Fresh –   layanan pengiriman makanan  online.

6)       Amazon Kindle – e-reader yang diambil ke perangkat nirkabel Amazon secara gratis

7)       Amazon S3 – layanan penyimpanan online untuk perusahaan pengembang

8 )      Amazon Unbox – Amazon Unbox video merupakan sebuah layanan video yang tidak biasa

9)       Amazon Video on Demand –  layanan video streaming untuk televisi dan film

10)    Mechanical Turk – layanan yang memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan orang untuk melakukan sejumlah kecil dari pekerjaan yang tidak dapat melakukan dilakukan kompoter

INOVASI DALAM BISNIS MODEL

Model Bisnis yang digunakan Amazon.com adalah lelang online dan tempat pasar online.

Sistem lelang di Amazon.com lain daripada yang lain karena di Amazon, harga barang ditentukan tetap. lelang hanya dikenakan pada barangnya, bukan harganya. amazon.com menamakan “zshop.” pembeli dapat membayar langsung kepada penjual barang atau lewat amazon.com menggunakan kartu kredit. untuk menjamin dan membentuk kepercayaan pembeli, amazon.com menyediakan garansi sebesar $1000 jika penjual barang tidak jujur (misalnya barangnya tidak sesuai dengan spesifikasinya) atau setelah dibayar barang tidak sampai ke tangan pembeli.

Auction in amazon.com

Bersamaan dengan berkembangnya Amazon.com. Amazon.com mengembangkan model bisnisnya dengan membentuk kerjasama modal dengan pengecer online merk tertentu untuk memasang iklan di situs Amazon.com, bersamaan dengan pengembangan model bisnis dengan melakukan aliansi dengan perusahaan pengecer dan pedagang produk fisik maka Amazon.com untuk memberitahukan barang apa saja yang ada pada situs mereka maka situs ini memberitahukan barang apa saja yang dijual atau dilelang melalui katalog.

Amazon kindle

Conclusion :

Kesimpulannya adalah Jangan pernah takut membuat suatu perubahan yang mungkin bagi orang itu mustahil karena biasanya hal-hal yang dianggap mustahil itu lah yang justru membuat kita semakin berusaha mencari keunggulannya dan menutupi semua kelemahannya. Inovasi itu lahir karena kedisiplinan pikiran yang kita bentuk bukan terlahir begitu saja. So, jangan pernah takut mencoba untuk membuat sesuatu yang berbeda!

Salam Creative&Innovation!