RSS

Thank you Creativity and Innovation :)

14 May

Mata kuliah Creativity and Innovation (CI)

Mata kuliah paling fun selama saya di SBM!!!!

Pelajarannya fun!

Dosennya kreatif!

Tutornya okee banget!

Dosen tamunya keren-keren!

Eits, tapi jangan salah, fun bukan berarti gabut karena materi kuliahnya aplikatif dan setiap minggu ada tugasnya.

Apa aja yang dipelajarin di mata kuliah ini?

Hahaha tenang..tenang…belajar mata kuliah CI ga akan ngebuat kalian jadi begini. Beginilah yang sebenarnya

Menurut saya, inti dari kuliah ini adalah meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam diri kita

 ““Kreativitas yang membuat perbedaan dan Inovasi membuat perbedaan tersebut memiliki nilai komersil.”

Banyak games-games yang diberikan Pak Apiq untuk membuat kita berpikir lebih kreatif dengan bagaimana kita merubah  hal yang awalnya kita berpikir biasa saja dari satu sisi menjadi berpikir secara luas atau biasanya disebut out of the box.

Tidak hanya meningkatkan kreatifitas, mata kuliah ini juga membuat kita berpikir untuk mencari inovasi-inovasi  yang keren dengan tugas-tugasnya seperti pembuatan bisnis model suatu perusahaan. Dengan tugas itu saya menjadi berpikir kira-kira perusahaan apa yang biasa saja namun sebenarnya memiliki potensi yang bagus saat kita ubah bisnis modelnya.

Setiap orang pasti memiliki sifat kreatif akan tetapi kreativitas tidak bisa muncul begitu saja, dibutuhkan usaha yang tekun untuk melatih dan mengasahnya.

Apa sih tugasnya?


Tugas utama dari mata kuliah ini adalah nge-Blog.

Waaah awalnya saya panik karena saya belum pernah sama sekali satu kali pun dalam hidup menulis di blog!

Saya sebenarnya tidak terlalu suka menulis karena takut salah

Eh, tapi ternyata cara berpikir saya yang satu ini salah banget!


dengan menulis di blog ternyata bisa meningkatkan kreativitas karena tidak hanya merangkai kata-kata akan tetapi kita bisa menambahkan gambar untuk membuat orang lebih tertarik membaca blog kita.

Tidak ada yang salah dalam proses kreatif. Justru semakin gila ide kita biasanya itu lah yang terbaik.

Jadi tulislah apa yang ingin kita tulis, apa adanya saja karena seperti apa yang pernah dikatakan oleh Adi Panuntun bahwa tidak ada yang salah dalam berkreasi.

Tulislah semuanya sesuka hati, justru saat tanpa beban apa yang kita tulis tiba-tiba akan mengalir ide-ide yang luar biasa.

and Now…..

Apa sih yang didapat setelah mengikuti mata kuliah ini?

Yaaaaaaaa….kira-kira begitulah keadaan otak saya sekarang

Banyak pelangi yang berwarna-warni mewarnai otak saya sekarang, pelangi-pelangi itu adalah ide-ide kreatif setelah belajar mata kuliah “Creativity and Innovation”

Yang awalnya saya ini sangat tidak kreatif sekarang muncul lah sedikit demi sedikit pikiran-pikiran kreatif

Kesimpulan saya dari mengikuti kuliah ini adalah:

“Jangan mengkotak-kotakan pikiran kita, coba dobraklah kotak itu untuk melihat apa yang ada di luarnya.”

dan

“jangan mau menjadi orang biasa selama kita bisa menjadi orang yang luar biasa”

Thank you Pak Apiq, Kak Bayu, Kak Adi Panuntun, Pak Budi Raharjo

Semoga Allah membalas semua kebaikan Pak Apiq, Kak Bayu, Kak Adi Panuntun, Pak Budi Raharjo karena sudah memperkenalkan saya pada dunia kreatif 🙂

Salam kreatif!

 

Leave a Reply

 
