RSS

Sehat itu enak! with Cimory ;)

10 May

Selamat datang kembali di blog saya 🙂

Untuk tulisan kali ini saya akan membahas tentang sebuah perusahaan lokal Indonesia yang sebenarnya sudah layak untuk go Internasional,kenapa?

Ok, langsung kita bahas aja

Apa sih perusahaan yang dimaksud?

Bagi yang belum tau perusahaan apa ini,berikut produknya :

Yak,ini dia produk – produk dari perusahaan cimory!

Cimory adalah satu-satunya industri pengolahan susu di Indonesia yang memproduksi hampir semua jenis dairy products. Cimory memproduksi beraneka ragam dairy products seperti

  • Pasteurized Fresh Milk
  • Yoghurt Drink
  • Stirred Yoghurt
  • Set Yoghurt
  • Natural Cheese (Cheddar, Mozzarella)
  • Processed Cheese
  • Fresh Cream dan Butter.

Tujuan pendirian pabrik ini karena ingin membantu warga sekitar Cisarua dengan mendirikan pabrik pengolahan susu segar yang menyerap susu dari peternakan sapi disana.Tidak hanya itu saja, hebatnya perusahan Cimory menyerap susu lokal dan menerapkan ‘fair pricing policy’ terhadap para peternaknya. Saat ini Cimory dikenal luas sebagai Perusahaan yang membayar susu peternak lokal dengan harga TERTINGGI di Indonesia.

Bingung ga sih kalian kenapa saya bilang kalau perusahaan ini pantas go internasional?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kebutuhan gizi diseluruh dunia mulai menurun, banyak orang-orang yang kekurangan gizi padahal ari angka kecukupan gizi (AKG) protein yang dibutuhkan per kapita per hari sebanyak 4,9 gram, yang mampu terpenuhi dari susu baru sebanyak 0,64 gram.

“Jadi intinya, susu itu banyak memberikan manfaat loh bagi tubuh!”

Q : Tapi kenapa masih banyak yang kekurangan gizi?

A : karena banyak orang yang tidak menyukai susu?

Wooooow kata-kata itu jelas ga berlaku untuk cimory sesuai dengan semboyannya ”Sehat itu Enak” sebagai acuan untuk mematahkan asumsi masyarakat bahwa sehat itu belum tentu enak dan yang enak biasanya tidak sehat.

Cimory ingin membuktikan kepada masyarakat bahwa produk-produk Cimory mampu hadir dengan nilai nutrisi tinggi yang menyehatkan namun tetap nikmat dikonsumsi!!

Dam menurut para penikmat susu dan yoghurt, Cimory memiliki rasa yang sangat enak dan segar! Masih terasa buahnya. Bahkan salah satu produknya yoghurt benar-benar kental dan enak, pokoknya mantap.

Nah jadi tau kan alasannya kenapa cimory pantas go internasional?

1. Perusahaannya oke

2.  Rasanya? ga usah ditanya deh MANTAP luar biasaaa 🙂

3. Produknya juga memberikan gizi yang banyak untuk seluruh masyarakat dunia

Apa sih inovasi yang harus dikembangkan sebelum go internasional?
Sudah pasti saat go internasional Cimory harus bekerja sama dengan peternak di luar negeri karena Cimory selalu menyajikan susu yang sehat dan segar.
Kebanyakan orang di dunia ini menyukai 3 kata :
For fun

Memberikan educational tour ke peternakan sapi disetiap negara, dengan begini akan mengundang orangtau untuk mengedukasi anak-anaknya dalam mengenal alam. Orang-orang di luar negeri pasti akan tertarik karena dapat mengenal langsung ke pabrik pengolahannya apalagi targetnya adalah anak-anak sekolah seperti kindergarten (TK)

For free
Dengan memberikan diskon apabila melakukan pembelian tertentu. Ini akan menarik para pembeli untuk belanja lebih banyak lagi produk Cimory. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap orang menyukai kata-kata FREE! Jadi dengan produk kualitas tinggi dan menambahkan program diskon, tidak diragukan lagi seluruh orang di dunia akan tertarik pada Cimory.
For easy

Tingginya tingkat kesibukan orang-orang di dunia akan pekerjaannnya atau kesibukan belajarnya Cimory dapat menawarkan program delivery yang langsung mengantarkan produknya depan pagar rumah kantor ataupun depan muka sang pembeli langsung!

Berikut Business Model yang harus dikembangkan saat go international!

Value Propositions

Cimory Dairy Products menawarkan solusi terbaik bagi yang ingin kesehatanya terjaga dan lidahnya dimanja. Sesuai dengan taglinenya bahwa “SEHAT ITU ENAK!” Cimory ingin semua orang kesehatannya selalu terjaga dengan minum susu yang penuh dengan gizi dan memiliki rasa yang enak untuk memanjakan lidahnya.

Customer Relationships

Sesuai dengan program yang ditwarkan Cimory saat ingin go international, Cimory ingin membangun hubungan dengan customer lewat keunikannya yaitu menawarkan :
  • Discount
  • Delivery Service
  • Cimory Educational Tour
Dan tentu saja tidak lupa Cimory memberikan website agar customer dapat mengenal lebih jauh produk-produk yang ditwarkan Cimory. Website ini dibuat lebih fun agar orang yang melihatnya senang dan ingat kepada alam

Channels

Dalam mendistribusikan produknya ke luar negeri, Cimory harus memiliki tempat-tempat yang sesuai dalam penjualannya.

Tempat-tempat yang dapat menjadi tujuan utama adalah Supermarket, Minimarket dan Department store. Yang tidak ketinggalan adalah website, sesuai dengan perkembangan jaman Cimory harus mampu menjual barangnya juga lewat website terutama dalam pelayan delivery.

Channel lain yang harus dimiliki Cimory adalah channel dengan para peternak sapi disana. Perlu diingat bahwa seluruh susu hasil produksi Cimory merupakan susu yang segar dan sehat karena itu sangat sulit untuk memproduksi di Indonesia. Cimory harus memiliki channels dengan peternak sapi dalam membentuk bisnis susu di luar negeri.

Customer Segments

Karena ingin go international sudah tentu segmen pelanggan Cimory akan meluas. Tidak hanya masyarakat Indonesia akan tetapi seluruh masyarakat di dunia yang ingin hidup sehat!

Tidak hanya orang yang ingin sehat bahkan salah satu produk Cimory, Yoghurt ternyata justru cocok diminum untuk orang yang sedang berdiet karena dapat menghilangkan lemak di perut. Terutama wanita-wanita yang ingin langsing.

Key Partners

Partners utama yang harus dimiliki Cimory untuk go international adalah peternak sapi (Cattle Breeding) karena peternak- peternak sapi lah yang menjadi bagian dari produksi Cimory. Setelah itu yang akan berperan dalam kemajuan Cimory adalah dengan berpartner dengan pihak televisi sebagai bagian dari promosi, pemerintah untuk perizinan dan sudah tentu customers yang ingin menikmati kelezatan Cimory 🙂

Key Activities

• Menyediakan susu sehat dengan gizi yang tinggi

Dengan menyediakan susu yang sehat dan kaya akan gizi Cimory akan dikenal sebagai produk susu unggulan ini dapat menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk mengkonsumsi terutama Cimory yang memiliki rasa enak dan segar!

•Membuat Cimory restaurant

Ini nih yang bisa jadi daya tarik masyarakat mancanegara dalam mengenal Cimory. Pembuatan restaurant dapat menjadi sebuah perkenalan produk Cimory lewat cara yang lebih unik yaitu menyediakan masakan yang serba susu sehingga masyarakat secara tidak langsung menikmati produk Cimory. Kelebihan lainnya adalah dengan menyediakan suasana alam dan seperti berada di peternakan sapi sungguhan.

•Menyediakan jasa delivey

Dengan kesibukan orang-orang saat ini yang menginginkan kemudahan dalam segala untuk itu Cimory menawarkan delivery service agar susu siap langsung diantar didepan pagar rumah atau langsung di hadapan pembeli.

•Mendistribusikan Cimory ke luar negeri

Proses distribusi Cimory ke luar negeri adalah pengiriman raw material lain selain susu karena susu segar langsung didapatkan di negara masing-masing. Pendistribusian ini harus dilaksanakan dengan baik agar tidak membuang cost.

Key Resources

Resource yang mengambil andil penting dalam kesuksesan Cimory adalah para peternak sapi yang menjual susu ke Cimory.Selama ini, Cimory menyerap susu lokal dan menerapkan ‘fair pricing policy’ terhadap para peternaknya. Saat ini Cimory dikenal luas sebagai Perusahaan yang membayar susu peternak lokal dengan harga tertinggi di Indonesia.

Selain para peternak pihak yang mengambil peranan adalah seluruh pegawai Cimory di seluruh penjuru dunia yang memberikan kontribusi besar dalam kesuksesan Cimory.

Cost Structure

Untuk mengembangkan bisnisnya di kancah mancanegara banyak pengeluaran yang harus ditanggung oleh pihak Cimory, seperti :

• Salary

• Promotion

• Production

• Distribution

Yang akan banyak dikeluarkan adalah proses produksi karena Cimory harus memiliki peternakan dan pabrik sendiri di setiap negara untuk menjaga kesegaran susu yang di buat. Pengeluaran lainnya akan sama dengan biasanya.

Revenue Streams

Revenue Cimory akan meningkat karena tidak hanya dari Indonesia tapi juga dari luar Indonesia itu berarti Cimory akan mendapatkan keuntungan yang besar saat melebarkan sayapnya ke mancanegara.

Revenue ini tidak hanya untuk Cimory tapi untuk para peternak sapi. Cimory selalu berusaha untuk mensejahterakan para peternak sapi yang berkerja untuk perusahaan Cimory.

Conclusion

So, apa yang cimory tunggu lagi?

Dengan produknya yang kaya akan nilai gizi, rasanya yang enak, visinya yang ingin meningkatkan kesejahteraan makanan lewat susu, dan keunggulannya dengan memberikan fair price untuk para peternak Cimory sudah siap melaju ke kancah international

Untuk go international yang Cimory perlukan adalah konsisten!

Karena kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan bersama adalah konsisten akan janjinya, konsisten akan visi dan misinya dan konsisten akan perkataannya

Semoga Cimory akan menjadi produk unggulan Indonesia di mancanegara di masa mendatang. Aminn 🙂


Advertisements
 

3 responses to “Sehat itu enak! with Cimory ;)

  1. Amy

    February 20, 2012 at 1:58 PM

    Yogurt Cimory memang uenakk sekali… Susunya kerasa banget. Dibandingkan dengan merk lain seperti Bio-kul, atau merk import spt Elle’nVire, Cimory paling enak. Apa gara2 dia pake kultur L.Bulgaricus ya? Yang lain rata2 pakai Acidophilus, yang bikin yogurt mreka jadi super duper asam… Cuman Cimory deh,produk yogurt yang paling enak. Thumbs up, Cimory!!

     
  2. siti zulaikha

    March 13, 2012 at 1:07 PM

    iya…saya juga suka bnaget cimory….,mbak indri bolehkah saya copas artikelnya ? selain tertarik dgn cimory, say ajuga tertarik utk melakukan penelitian pada produk serupa…thx

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: