RSS

Senjata Masa kini ;)

09 Feb

Hmm…oke kali ini kita bakal bahas masalah senjata.

Definisi senjata dalam otak saya adalah segala sesuatu yang dapat kita andalkan disaat apapun. Pengertian itu ga begitu melencengkan dari arti sebenarnya kan? karena arti sebenarnya berdasarkan wikipedia “Senjata adalah suatu alat yang digunakan untuk melukai, membunuh, atau menghancurkan suatu benda. Senjata dapat digunakan untuk menyerang maupun untuk mempertahankan diri, dan juga untuk mengancam dan melindungi.”

Kira-kira beginilah gambaran senjata menurut banyak orang

Nah,klo itu kan dalam bentuk nyata… Berhubung saya sedang terkena musibah minggu ini tiba-tiba saya terpikir salah satu senjata yang luar biasa hebatnya dan saya telah saya gunakan akhir-akhir ini namun bentuknya tidak nyata yaitu DOA.

Mengapa doa?saya akan menjelaskan alasannya :

1.      Doa dapat menjadi senjata saat sedih dan bingung

Percayalah dengan berdoa hati kita pasti akan tenang. Saat kita tidak sedih,bingung harus mengungkapkan isi hati kita kepada siapa karena tidak semua orang bisa terbuka akan masalahnya, maka doa bisa menjadi senjata yang ampuh. Seperti yang saya alami saat ini, saya tidak dapat menceritakan masalah saya kepada orangtua tapi rasanya hati saya masih kurang tenang, lalu saya berdoa dan hasilnyaa hati saya langsung tenang (maaf ya curhat,hehe)

Yuk kita lanjut ke alasan kedua kenapa saya bilang doa itu sebagai senjata

2.      Doa dapat menjadi senjata saat kita tertimpa musibah

Siapapun orangnya pasti tidak ingin terkena musibah karena musibah hanya mengakibatkan ketidak tenangan hati yang berakibat kesedihan. Musibah selalu datang tiba-tiba tanpa ada yang dapat menghentikannya. Salah satu senjata yang paling ampuh untuk meminimalisir,menghindari atau mencegah datangnya musibah adalah dengan DOA.

Dalam Kitab Al-Hakim, Ibnul Qayyim al-Jauziyah diriwayatkan hadist dari Ibnu Umar RA bahwa Nabi Muhamad SAW bersabda,

‘Doa itu bermanfaat bagi musibah yang telah turun dan yang belum turun. Oleh karena itu wahai hamba Allah, kalian harus berdoa.’ (HR. Bukhari & Muslim).

Dan diriwayatkan Aisyah RA, bahwa Nabi Muhamad SAW bersabda,

‘Kewspadaanmu tidak ada gunanya dalam menghadapi takdir. Berdoalah yang berguna untuk mengantisipasi musibah yang turun maupun yang belum turun. Sesungguhnya musibah ketika turun dihadapi oleh doa dan keduanya bertarung hingga hari kiamat.’ (HR. Bukhari & Muslim).

3.      Doa dapat menjadi senjata untuk menyembuhkan sakit

Bagaimana mungkin dengan mudahnya berdoa dapat menyembuhkan penyakit?

Ya ternyata jaringan syaraf menunjukkan bahwa doa mengaktifkan sistem limbik otak yang mengatur kesadaran seseorang akan diri, waktu dan lingkungan. Metabolisme tubuh secara menyeluruh juga bergerak menuju keseimbangan sekaligus mewujudkan kesembuhan.

Menggali sumber-sumber psikoterapi dalam doa dapat dilihat dalam formula yang dibaca dalam doa dapat mendatangkan ketenangan jiwa, ketenangan jiwa inilah yang menyembuhkan dari penyakit.  Hal ini disebabkan orang yang memanjatkan doa yakin Allah SWT mengabulkan permintaannya.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang mendoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah  mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS.  Al- Baqarah:186).

4.      Doa menjadi senjata saat kita bahagia

Manusia sering terlena akan kebahagiaan. Berdoa hanya bila sedang sedih dan lupa akan doa saat sedang senang. Begitu lah manusia. Tapi apabila kita mengetahui salah satu keutamaan doa adalah memupuk amalan dan pahala yang baik justru saat senang seharusnya kita lebih banyak berdoa dan bersyukur. Jangan sampai Allah merenggut kebahagiaan kita karena kita yang terlena dan takabur oleh kebahagaiaan itu. Doa dapat menjadi senjata saat kita bahagaia untuk menjaga agar kebahagiaan itu tidak pernah lepas dari kehidupan kita

Luar biasa bukan senjata saya ini?Dengan berdoa berserah diri kepada Allah SWT dan senantiasa bersyukur atas semua karuniaNya segala masalah, Insya Allah bisa terjadi terselesaikan dengan cepat dan hati kita dapat menjadi tenang. Mari kita budayakan berdoa dalam keadaan apapun 🙂

Advertisements
 
 

3 responses to “Senjata Masa kini ;)

  1. kristiagie

    February 22, 2011 at 4:02 PM

    Ia seneng banget deh sama tulisan tulisan indri.
    Singkat, ga bertele2, ringan, mudah dimengerti. 🙂
    apalagi backgroundnya bikin yang baca jadi merasa berwarna warni seperti pelangi.. hehehe..

    Btw, senjata indri itu ampuh bgt lo!
    Keep ur good blog ndri!

     
  2. Augustine Merriska

    February 23, 2011 at 7:37 PM

    AAAAAH INDRI KEREEEEN SENJATAAANYA! *langsung tutup laptop dan berdoa!* 🙂

     
  3. arif

    March 12, 2012 at 12:59 AM

    mantap………!

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: